Berita modifikasi mesin motor supra x 125 dengan performa terbaru 2015
Honda supra biasanya identik untuk tunggangan bapak - bapak namun sekarang ini khususnya di komunitas kami banyak sekali kaula muda yang pakai honda supra ( honda supra x 125 ), tetapi bukan motor orsinil yang mereka gunakan tapi hasil dari modifikasi mesin honda supra mereka, berikut cara meningkatkan performa mesin dari motor honda supra x 125 :
Cara modifikasi supra x 125 dan meningkatkan performa mesin, kali ini cara modifikasi motor supra x 125 terbaru.Pada postingan kali ini saya akan memberi tips kepada anda cara meningkatkan performa mesin motor supra x 125.
Korek mesin harian (kohar)
untuk melakukan korek harian ini ada beberapa komponen motor yang harus sedikit di rubah hal ini gunaya untuk meningkatkan performa mesin motor kita,berikut komponen - komponen dan penjelasannya :
Karburator
Kita bermain akan simpel, artinya kita usahakan bermain yang tidak mengeluarkan biaya banyak contohnya kita bermain di KARBURATOR.biasanya motor bawaan pabrik respon awal sangat galak tapi untuk melaju kencang sangat sulit, itu dikarnakan spuyer yang dipakai berukuran kecil sehingga pasokan bensin kurus(kurang) motor jadi gesit di putaran bawah tapi top speednya loyo.
semua itu bisa diatasi dengan mengganti spuyer pada karburator dengan ukuran yang lebih besar dari standarnya, tapi jangan asal ganti, karna dapat mengakibatkan motor jadi berebet.
Pengapian
Di dalam motor standar,pengapian sudah di tentukan atau sudah di batasi dari pabrik atau sering kita sebut pengapian LIMITER.Dan itu bisa diatasi dengan mengganti CDI standar dengan CDI racing,bagi yang tidak mau mengganti CDI bisa di akali dengan menggeser pengapian.
Cara menggeser pengapian itu juga sangat mudah,kita tinggal melepas bagian magnet dan menggeser pulser dengan cara mencoak lubang kedudukan pulser, tapi jangan sembarangan menggeser karna dapat berakibat motor susah hidup.
Camsaft atau Noken as
Camsaft atau sering kita sebut NOKEN AS sangat berperan penting dalam mesin berbasis 4TAK sedangkan untuk mesin berbasis 2TAK di tentukan oleh porting, untuk yang satu ini saya tidak bisa mengulas lebih dalam dikarnakan saya takut kalian belum mengerti derajat untuk merubah camsaft untuk mesin 4TAK dan juga berapa milimeter untuk mengangkat porting untuk mesin 2TAK semua itu harus dengan pembelajaran yang serius dan sungguh-sungguh.Bore up mesin
memiliki motor
dengan kecepatan maximal cepat mungkin merupakan damban para anak muda
sekarang dan pembalap tentunya, banyak tekhnik atau cara dan tidak perlu
mengganti motor menjadi lebih bagus. Untuk solusinya mungkin bisa anda
memakai cara dengan Bore Up. Bore Up sendiri merupakan pembesaran diameter piston
yang melewati ukuran yg telah ditentukan oleh pabrikan. yaitu over
size, dimana over size terdiri dari 0,25 ; 0,50 ; 0,75 ; 1.00. limit
yang paling tipis adalah 2 mm! jadi liner jangan sampai kurang dari
2mm!! kalo kurang dari itu dapat dipastikan suhu dari liner akan cepat
meningkat dan kerusakan liner serta kebocoran kompresi akan ada didepan
mata! selanjutnya perlu penyesuaian setingan pilot jet dan main jet
sesuai dengan kondisi mesin, biar performa mesin meningkat dan daya
tahan mesin baik!. Untuk lebih tahu lagi mungkin kita bisa langsung saja
membaca cara bore up mesin supra x 125.
Mengganti per kopling
Per kopling standar Honda Supra X 125 telalu lembut jadi perlu diganti dengan per kopling yang lebih keras yaitu per kopling buat balap alias racing kayak TDR, HRP, BRT, Daytona, Kitaco dll. Kalo mau yang murah ya tambahin ring di baut pengunci kampas kopling cukup satu atau dua aja.
Mengganti kampas kopling
Mengganti CDI
Cdi pada motor manapun biasanya menggunakan limiter (pembatas RPM tertentu) agar motor tidak terlalu tinggi rpmnya. Cdi yang tanpa limiter ini biasanya adalah cdi racing, sekarang banyak pabrikan CDI yang buat balap memproduksi buat harian ato standard, misal BRT ato Rextor yang buat karisma bisa dipake plek di motor supra x 125 . Selain bisa menambah toop speed cdi racing bisa untuk naikin pengapian.
KODE DISINI